Artikel

Perlukah strategi meraih Adiwiyata?

  1. Pertanyaan (P): Apa sih Adiwiyata itu?

Jawab: (J):

Kata ADIWIYATA berasal dari 2 kata Sansekerta yaitu: “ADI” dan “WIYATA”. 

  • ADI mempunyai makna besar, agung, baik, ideal atau sempurna.
  • WIYATA mepunyai makna tempat dimana seseorang mendapatkan ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam berkehidupan sosial.
  • Bila kedua kata tersebut digabungkan, secara keseluruhan ADIWIYATA mempunyai pengertian atau makna; Tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju cita–cita pembangunan berkelanjutan
  1. P: Sebenarnya Program Adiwiyata ini program dari mana/siapa?

Jawab:

  • Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Negara Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.
  • Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghidarkan dampak lingkungan yang negatif.
  • Dalam implementasinya Kementerian Negara Lingkungan Hidup bekerja sama dengan para pemangku kepentingan, menggulirkan Program Adiwayata ini dengan harapan dapat mengajak warga sekolah melakukan proses pembelajaran mengenai materi lingkungan hidup dan ikut berpartisipasi memelihara dan menjaga lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya.
  1. P: Dalam suatu kegiatan atau program yang dijalankan biasanya mempunyai prinsip-prinsip dasar, apakah adiwiyata yang dilaksanakan di sekolah-sekolah juga mempunyai prinsip-prinsip dasar yang menjadi landasan kerja?

Jawab: ya tentu saja ada prinsip dasar sebagai dasar pelaksanaan kegiatan adiwiyata yaitu:

1. Partisipatif: Komunitas sekolah (warga sekolah) seluruhnya terlibat dalam manajemen sekolah yang mencakup keseluruhan proses seperti perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi tanggung jawab dan peran.

2. Berkelanjutan: Seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komprehensif

  1. P: Dan untuk program Adiwiyata apa ini dilakukan?

Jawab:

  • Tujuan Program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat ikut bertanggung jawab dalam upaya–upaya menyelamatkan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.
  • Kegiatan utama Program Adiwiyata adalah mewujudkan kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia.
  1. P: Apakah program Adiwiyata ini hanya dilakukan di sekolah-sekolah? Atau juga dilaksanakan di lembaga lain? Dan apa bedanya Adiwiyata dan Adipura

Jawab: Adiwiyata adalah kegiatan yang pelaksanaannya diprioritaskan di sekolah-sekolah. Penghargaan adiwiyata diberikan kepada sekolah di seluruh Indonesia, yang mampu secara terus menerus membina warganya agar peduli dan berbudaya lingkungan.

Sedangkan Adipura adalah kegiatan yang pelaksanaannya di tingkat kota/kabupaten. Dan penghargaannya diberikan kepada kota/kabupaten di seluruh Indonesia yang berhasil mengelola lingkungan dan kebersihan kotanya.

  1. P: Untuk mencapai tujuan program Adiwiyata tersebut, apa saja komponen dan standar Adiwiyata yang dilaksanakan di sekolah bapak dan ibu sekalian?

Jawab:  Komponen dan standar Adiwiyata adalah sebagai berikut:

No

Komponen

Standar

1

Kebijakan berwawasan lingkungan

  1. KTSP memuat upaya perlindungan & pengelolaan LH
  2. RKAS memuat program dalam upaya perlindungan dan pengelolaan LH

 

2

Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan

  1. Tenaga pendidik memiliki kompetensi dalam mengembangkan kegiatan PPLH
  2. Peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran tentang PPLH

 

3

Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif

  1. Melaksanakan kegiatan PPLH yang terencana bagi warga sekolah
  2. Menjalin kemitraan dalam rangka PPLH dengan berbagai pihak (masyarakat, pemerintah, swasta, media dan sekolah lain)

 

4

Pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan

  1. Ketersediaan sarana prasarana pendukung yang ramah lingkungan
  2. Peningkatan kualitas pengelolaan sarana dan prasarana yang ramah lingkungan di sekolah

 

  1. P:  Apa Bentuk Penghargaan Adiwiyata yang akan diterima sekolah-sekolah yang memenangkan program ini?
    Jawab: Pada dasarnya program Adiwiyata ini tidak ditujukan sebagai suatu kompetisi atau lomba. Tetapi sebenarnya sebuah penghargaan kepada sekolah yang mampu dan konsisten melakukan ke -4 kompenen atau standar yang tadi telah dijabarkan.

Tetapi jika sekolah-sekolah yang lolos penilaian dari tim penilai dari pusat akan mendapat penghargaan Adiwiyata Nasional. Sekolah ini akan mendapat penghargaan yang langsung diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup pada bulan juni pada saat Hari Lingkungan Hidup,

Sedangkan Sekolah yang diusulkan menjadi calon sekolah Adiwiyata Mandiri, jika memnuhi syarat, maka akan menerima penganugerahan tersebut langsung dari Presiden RI

  1. P: Bagaimana Tata Cara Pengusulan Calon Penerima Penghargaan Adiwiyata?

Jawab : Setiap sekolah dapat diajukan oleh pemerintah daerah sebagai calon sekolah adiwiyata
pengajuan calon biasanya dilakukan oleh BLH kota/kabupaten yang sebelumnya telah membuat suatu penilaian atau pembinaan awal mengenai sekolah mana yang layak untuk diusulkan menjadi sekolah Adiwiyata.

  1. P: Bagaimana mekanisme penilaian program adiwiyata?

Jawab: Pada dasarnya peluang mengikuti program Adiwiyata terbuka bagi seluruh sekolah di tanah air Indonesia. Mengingat keterbatasan yang ada dan kepentingan dari semua pihak terkait, maka dalam proses seleksi dan penilaian, Kementerian Negara Lingkungan Hidup dibantu oleh berbagai pihak, antara lain: Pemerintah Daerah setempat (dalam hal ini dikoordinir oleh BPLHD/Bapedalda Propinsi), bekerja sama dengan Dinas Pendidikan setempat, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Akademisi dan pihak swasta lainnya.
Tim Penilai Adiwiyata pun terdiri dari berbagai pemangku kepentingan yaitu: Kementerian Negara Lingkungan Hidup, Departemen Pendidikan Nasional, LSM yang bergerak di bidang lingkungan, Jaringan Pendidikan Lingkungan, Perguruan Tinggi, Swasta dll. Sedangkan Dewan Pengesahan Adiwiyata terdiri dari Pakar Lingkungan, Pakar Pendidikan Lingkungan, wakil dari Perguruan Tinggi dlsbnya.

Sebagai acuan penilaian, calon sekolah Adiwiyata telah diberikan daftar/panduan apa saja yang akan dinilai oleh tim penilai yang datang ke sekolah. Baik itu tim penilai kota, provinsi maupun pusat. Hal ini dimaksudkan agar sekolah tidak melemahkan apa yang akan diukur nantinya.

  1. P: Ada Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri. Apakah perbedaannya?

Jawab : Adiwiyata Nasional adalah penghargaan kepada sekolah-sekolah yang dinilai memnuhi standar penilaian di tingkat Nasional, biasanya sekolh sekolah ini baru menjalani program Adiwiyata kurang lebih 2 tahun.

Adiwiyata Mandiri adalah sekolah yang secara kontinyu melaksanakan program-program Adiwiyata selama lebih dari 2 tahun.

Dan telah memiliki 10 sekolah binaan yang secara nyata dapat menunjukkan kegiatan pelatihannya kepada ke 10 sekolah tersebut melalui dokumen-dokumen yang dapat dipertanggungjawabkan.

Selain itu dari 10 sekolah binaan tersebut, dapat membina minimal 2 sekolah menuju sekolah Adiwiyata Nasional.

  1. P: Pertanyaan terakhir, apa keuntungan mengikuti program Adiwiyata?

Jawab:

  1. Mendukung pencapaian SK/KD/SKL pendidikan dasar dan menengah
  2. Meningkatkan efisiensi penggunaan dana operasional sekolah, karena berbudaya hemat energi
  3. Menciptakan kebersamaan warga sekolah untuk menciptakan lingk sekolah yang nyaman
  4. Menjadi tempat belajar yang tepat untuk nilai-nilai hidup baik dan peduli lingkungan
  5. Meningkatkan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan melalui kegiatan mengendalikan pencemaran, kerusakan, dan pelestarian LH.
Penulis: 
Kamiludin, S.Pd., M.M
Sumber: 
BTIKP
Tags: 
Adiwiyata