Berita

Dinas Pendidikan Gelar Rapat Bahas Mekanisme PPDB

PANGKALPINANG—Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan rapat persiapan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2024 jenjang SMA dan SMK. Rapat yang digelar di ruang pertemuan Dinas Pendidikan, Selasa 20 Februari 2024, membahas tentang pedoman atau petunjuk teknis PPDB Tahun Pelajaran 2024/2025.

Sejumlah kepala bidang dan kepala cabang dinas turut hadir dalam pertemuan tersebut. Hadir juga Kepala Balai Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan (BTIKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Saat memimpin rapat, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ervawi dalam arahannya mengungkapkan rapat ini dilaksanakan untuk membahas aturan main pelaksanaan PPDB jenjang SMA dan SMK yang nantinya pedoman itu menjadi dasar atau aturan main dalam pelaksanaan PPDB SMA SMK tahun Pelajaran 2024/2025 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dia berharap pedoman pelaksanaan PPDB dapat mengikuti rambu-rambu yang ada dalam Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021    tentang Penerimaan Peserta Didik Baru  Pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar,  Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas,  dan Sekolah Menengah Kejuruan serta sesuai dengan Keputusan Sekretaris Jenderal  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia               Nomor 47/M/2023 Tentang Pedoman Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021.  

Kepala dinas juga tahapan pelaksanaan PPDB SMA dan SMK harus dilaksanakan dengan baik supaya tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari. “Pedoman yang kita susun agar sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek sehingga nantinya tidak menjadi permasalahan yang pelik di kemudian hari,” katanya.

Dia menambahkan, dalam pelaksanaan PPDB nantinya agar dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sehingga tidak timbul masalah, tertutama pada jalur zonasi dan jalur prestasi. “Tentu kita berharap melalui pedoman atau petunjuk teknis yang kita buat pelaksanaan PPDB dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” kata Ervawi.

Dalam rapat ini, juga dimintakan saran dari para peserta rapat sesuai dengan pengalaman tahun lalu agar dapat dilakulan perbaikan dalam penerapan PPDB di tahun ini.

Sumber: 
BTIKP
Penulis: 
Mamaqdudah
Fotografer: 
Ferdinan
Editor: 
Sukinda
Bidang Informasi: 
Pendidikan