Berita

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Terima Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar

Jakarta--Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapat Anugerah Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi karena dianggap sukses dalam mendorong perubahan perilaku dalam pemulihan pembelajaran dan peningkatan mutu pendidikan di Bangka Belitung, terutama dalam hal transformasi pendidikan vokasi.

Penyerahan penghargaan Anugerah Mereka Belajar ini diterima langsung oleh Pj. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung,  Syafrizal Zakaria Ali pada puncak acara Festival Merdeka Belajar dan Anugerah Merdeka Belajar di Plenary Hall JCC, Senayan, Jakarta pada Jumat malam, 5 Juli 2024.

Penganugerahan Merdeka Belajar yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi berlangsung meriah. Selain Bangka Belitung, provinsi lain yang mendapat penghargaan serupa diantaranya Provinsi Yogyakarta, Provinsi Jawa Tengah, dan Provinsi Aceh.
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ervawi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemendikbud Ristek yang telah memberikan penghargaan Anugerah Merdeka Belajar Tahun 2024 kepada Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Alhamdulillah, tentu kita berbahagia atas capaian ini. Terima kasih kepada semua pihak, sekolah, guru-guru, dan siswa, yang telah memberikan kontribusi sehingga Provinsi Bangka Belitung mendapat Anugerah Merdeka Belajar ini. Mari kita bergotong royong, bertransformasi dan terus berbenah menuju pendidikan di Bangka Belitung yang lebih baik lagi," kata Ervawi.

Sementara itu Direktur Jenderal PAUD Dikdasmen, Iwan Syahril, mengungkapkan bahwa Anugerah Merdeka Belajar diberikan  untuk pemerintah daerah yang telah menunjukkan komitmen dalam mendukung Gerakan Merdeka Belajar. Anugerah Merdeka Belajar bertujuan untuk memberikan apresiasi dan memperkuat dukungan para pemangku kepentingan dalam peningkatan kualitas layanan pendidikan secara berkelanjutan.

"Kita juga berharap dengan menunjukkan semangat gotong royong yang sudah terbangun di berbagai daerah di Indonesia, maka ekosistem pendidikan akan dapat terus menjaga nyala semangat untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan secara berkelanjutan, menciptakan lingkungan sekolah yang aman, inklusif, guna mewujudkan generasi penerus berkarakter Pancasila," kata Syahril yang dikutip dari laman Kemendikbud.go.id.

Sedangkan Ketua Pelaksana Anugerah Merdeka Belajar Kemendikbudristek Muhammad Hasbi mengatakan ada hal penting pemberian Anugerah Merdeka Belajar ini, yaitu pertama menghargai kinerja pemerintah daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota yang telah bergotong royong dengan pemerintah pusat untuk melaksanakan berbagai kebijakan strategis pendidikan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2020 hingga sekarang.

"Kedua, kita juga ingin mendorong pemda untuk berbagi praktik baik dengan pemda yang lain, sehingga nanti kebijakan Merdeka Belajar ini akan semakin meluas pelaksanaannya di berbagai daerah," ujarnya seperti yang dilansir ANTARA.

Pada tahun ini ada tujuh kategori penghargaan Anugerah Merdeka Belajar yang diberikan, yakni, kategori Pengelolaan Indonesia Pintar (PIP), Transformasi Pendidikan Vokasi,  Transformasi Anggaran, Tranformasi SDM Pendidikan, Tranformasi Pengelolaan Pendidikan, Tranformasi Pembelajaran dan kategori Anugerah Utama.

 

 

Sumber: 
BTIKP
Penulis: 
Mammaq/Zaki
Fotografer: 
IKP/Zaki
Editor: 
Mammaqdudah
Bidang Informasi: 
Pendidikan