Berita

Perlu Komitmen Bersama untuk Menyukseskan PPDB SMA SMK Babel

PANGKALPINANG--Penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA SMK Tahun 2024 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan berjalan sukses jika semua pihak komitmen untuk melaksanakan PPDB sesuai prosedur dan ketentuan yang ada. Diharapkan tidak ada titip menitip dan intervensi dari pihak tertentu kepada pihak penyelenggara.

Selain itu orang tua calon peserta didik pun untuk tidak memaksakan anaknya untuk bersekolah di sekolah tertentu yang dianggap favorit. Sekolah swasta juga menjadi alternatif dalam mencerdaskan anak bangsa. Diminta sekolah swasta pun untuk meningkatkan kualitas sehingga diminati masyarakat.

Hal itu terungkap dalam Dialog Ruang Tengah yang dilaksanakan oleh Bangka Pos, Selasa 11 Juni 2024 di Studio Podcast Bangka Pos, Pangkalpinang. Tema dialog "Menakar peluang kursi belakang".

Dialog yang dimoderatori oleh Edy Yuswanto, Wartawan Bangka Pos dengan menghadirkan narasumber Kepala SMA Negeri 1 Pangkalpinang Efri Rantos, Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Azami Anwar, Kepala BTIKP Babel Sukinda, Perwakilan Ombudsman Babel Fither.

Kepala SMA Negeri 1 Pangkalpinang, Efri Rantos menegaskan pihaknya berkomitmen untuk melaksanakan PPDB pada tahun ini dengan baik sesuai prosedur sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan. 
Menurut Rantos, pada tahun lalu pun pihaknya melaksanakan PPDB sesuai dengan prosedur. Dia tidak menapik jika masih ada masyarakat yang tetap ingin bersekolah di SMA Negeri 1 Pangkalpinang walaupun letak rumahnya tidak sesuai dengan zonasi.

"Tahun kemarin kita juga dilaporkan ke ombudsman dan diperiksa juga oleh Inspektorat Jenderal Kemendikbudristek karena adanya laporan dari masyarakat. Tapi tidak ada temuan karena kami melaksanakan PPDB ini sesuai prosedur," tegasnya.

Dia juga berharap semua pihak untuk berkomitmen untuk melaksanakan PPDB ini sesuai juknis agar berjalan sukses.

Sementara itu Ombudsman Perwakilan Babel menilai pelaksanaan PPDB SMA SMK Babel pada tahun 2023 menjadi PPDB terbaik dibandingkan tahun tahun sebelumnya.
 
"Pada tahun lalu pelaksanaannya sangat baik karena tidak ada kecurangan yang kami temukan berdasarkan laporan yang ada.  Tentu juga itu karena komitmen dari pimpinan tertinggi untuk melaksanakan PPDB ini sesuai prosedur," ungkap Perwakilan Ombudsman Babel Fither.

Dia berharap pelaksanaan PPDB SMA SMK pada tahun ini dapat berjalan sukses tanpa ada intervensi. "Harapan kita semuanya berjalan lancar," katanya.

Sementara itu Azami, Ketua PPDB SMA SMK Provinsi Babel Tahun 2024 mengungkapkan penyelenggaraan PPDB tahun ini tidak jauh berbeda polanya dengan tahun sebelumnya yaitu adanya pra pendaftaran. 

"Tidak ada perubahan yang berarti, yang jelas pedoman pelaksanaan yang kita buat. Kita memahami banyak orang tua yang ingin anaknya bersekolah di sekolah negeri, karena keterbatasan kursi tidak semua lulus SMP/MTs/sederajat yang bisa ditampung di sekolah negeri. Dia meminta masyarakat untuk memahami ketentuan yang ada di petunjuk teknis sehingga tidak memaksakan anaknya untuk di sekolah negeri. 

Sementara Sukinda, Kepala BTIKP Babel mengungkapkan pihak telah melakukan antisipasi agar tidak terjadi masalah pada sistem seperti server yang down.

"Pada tahun lalu kita akui memang terjadi masalah pada tahap 2 karena server yang down. Mudah-mudahan tahun ini masalah itu tidak terjadi lagi," katanya.

Dia meminta kepada calon pendaftar jika mengalami masalah saat akan melakukan registrasi, login atau kendala dalam melakukan pendaftaran silahkan menghubungi nomor pengaduan atau mendatangi sekolah yang dituju.

"Kita menyiapkan posko, baik di tingkat dinas, cabdin maupun di tingkat sekolah. Jika ada kendala silahkan datang ke posko terdekat. Insyaallah kita siap membantu untuk mengatasi masalah yang dialami calon pendaftar," ujarnya.

Sumber: 
BTIKP
Penulis: 
Mammaqdudah
Fotografer: 
Hendarko
Editor: 
Sukinda
Bidang Informasi: 
Pendidikan